Liputan Media

Irish Sunday Independent -
Wawancara dengan Maha Guru Ching Hai

(Asal bahasa Inggris)

Sunday Independent, edisi mingguan koran Irish Independent Irlandia, menerbitkan hasil wawancara dari Wartawan Ben Murnane dengan Maha Guru Ching Hai, pada tanggal 12 Juli, Tahun Emas 6 (2009). Sebagai surat kabar yang paling banyak dibaca di Irlandia, Sunday Independent tersedia di semua toko, kedai koran, dan bandar udara nasional di Irlandia dan di seluruh Kerajaan Inggris serta di penerbangan Aerlingus dan Ryanair. Pada tiga kesempatan sebelumnya, Irish Independent sudah pernah menerbitkan beberapa wawancara bersama Guru dan menghasilkan tanggapan yang amat positif dari para pembaca. Dalam wawancara terbaru ini, Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isu-isu penting pemanasan global yang perlu dikutip untuk menyelamatkan planet ini. Berikut adalah diskusi penuh antara Guru dan Bapak Murnane yang terbit pada di edisi tanggal 12 Juli koran Sunday Independent.


 Panggilan Darurat untuk Menyelamatkan Bumi 

Seorang guru spiritual internasional, seniman dan tokoh kemanusiaan terkemuka, Maha Guru Ching Hai, telah mendirikan Supreme Master Television pada tahun 2006 untuk menyiarkan pesan-pesan perdamaian dan pencerahan di seluruh dunia. Saat ini, Supreme Master TV menyoroti tentang isu-isu penting yang sering tidak dibahas di media lain—khususnya tentang perubahan iklim dan hubungannya dengan konsumsi daging. Jika Anda ingin menyelamatkan Bumi ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjadi vegan, kata Maha Guru Ching Hai. Sekarang kami akan berdiskusi dengan Maha Guru seputar topik pemanasan global, flu babi, dan masalah mengejutkan lainnya yang dihadapi dunia kita saat ini—serta tindakan apa yang wajib kita semua lakukan untuk menghentikan situasi ini.

T: Supreme Master Television telah mewawancarai banyak ilmuwan di bidang perubahan iklim. Ini termasuk Dr. Rajendra Pachauri, ketua Panel Antar Pemerintah PBB tentang Perubahan Iklim (IPCC), Dr. James Hansen, ahli iklim terkenal di dunia dan kepala Institut Goddard NASA untuk Penelitian Luar Angkasa, dan pemenang penghargaan fisikawan Global 500 serta seorang periset lingkungan, Dr. Vandana Shiva. Apakah para ahli ini sudah yakin dengan hasil penelitian dan rekomendasi mereka?

G: Semua ilmuwan terkemuka ini setuju bahwa pemanasan global dalam beberapa dekade terakhir telah semakin meningkat dan bahwa perubahan besar harus segera dilakukan. Dr. Hansen telah menyatakan bahwa hal terpenting yang seorang individu dapat lakukan untuk menghentikan pemanasan global adalah dengan menjadi vegan. Dr. Pachauri sendiri juga telah menjalankan pola makan vegetarian, dan menyatakan bahwa tindakan individu dengan menghilangkan konsumsi produk hewani adalah cara terefektif untuk menghentikan emisi gas rumah kaca. Dan Dr. Shiva, yang juga seorang vegan, menekankan bahwa pertanian vegan organik adalah solusi yang tidak hanya bermanfaat untuk menghentikan perubahan iklim, tetapi juga bagi kesehatan masyarakat, kelaparan dunia, dan bahkan ekonomi.

T: Flu babi baru-baru ini ditetapkan sebagai wabah menular mematikan nomor satu, yang terjadi selama 40 tahun. Mengapa kita semua harus prihatin dengan wabah flu babi?

G: Menurut Laurie Garrett, wartawan pemenang Hadiah Pulitzer dan Rekan Senior untuk Kesehatan Global di Dewan Perhubungan Luar Negeri, virus flu babi telah berkembang di dunia selama bertahun-tahun dari sumbernya di daerah industri peternakan Amerika Utara. Dalam lingkungan peternakan yang amat kotor ini, berbagai virus dari hewan-hewan dengan mudah dapat bergabung satu sama lain untuk bermutasi menjadi virus flu baru yang lebih mematikan. Pada tahun 1918, wabah flu ini menelan korban sebanyak seratus juta orang. Para ahli mengatakan bahwa hal serupa dapat terjadi lagi akibat mutasi virus flu babi yang terjadi saat ini. Flu babi hanyalah salah satu dari berbagai akibat industri produk hewani yang mengancam kesehatan manusia.

T: Para ilmuwan juga membicarakan tentang kenaikan permukaan laut, tapi misalnya dimana kita dapat melihat kejadian ini?

G: Di negara-negara dataran rendah aliran sungai utama, dimana jutaan orang sedang berjuang untuk bertahan hidup—garis pantai negara mereka sudah longsor. Bangladesh, misalnya, negara ini adalah salah satu negara aliran sungai delta utama, di sana sudah sekitar 155 juta orang kehilangan tempat tinggal. Menurut Penjaga Pesisir Pantai berbasis di Dhaka, rata-rata ada 11 orang penduduk Bangladesh yang kehilangan tempat tinggal akibat naiknya air laut di setiap jam. Mereka harus mengalami semua penderitaan ini akibat pemanasan global.

T: Departemen Pertanian Irlandia melaporkan bahwa sudah terjadi peningkatan 80 persen dari jumlah individu yang menerapkan konservesi produksi organik. Bagaimana pertanian organik dapat bermanfaat bagi lingkungan dan kesehatan kita?

G: Saya amat berterima kasih kepada para pemimpin cerdas, pemerintah Anda dan orang-orang Irlandia yang mendukungnya, terutama bagi para petani organik yang rajin. Pertanian vegan organik harus kita dukung. Pertanian organik amat bermanfaat terhadap kesehatan kita karena tidak ada lagi sisa-sisa penggunaan pestisida dan insektisida serta antibiotik dan bahan-bahan tambahan lainnya yang tidak alami dalam makanan kita yang akan menyebabkan banyak jenis penyakit.

Manfaatnya di lingkungan adalah, pertanian vegan organik dapat melindungi dan bahkan memperkaya tanah, membantu melestarikan habitat liar, dan menghasilkan lebih sedikit polusi.

T: Apakah peningkatan penyakit-penyakit kronis di kalangan masyarakat saat ini (penyakit kardiovaskular, kanker, diabetes, obesitas) adalah akibat dari konsumsi daging?

G: Ada banyak sekali penelitian yang membuktikan hubungan erat antara konsumsi daging dan semua penyakit-penyakit kronis ini. Anda sendiri dapat melihat kasus-kasus seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan obesitas yang semakin meningkat karena taraf konsumsi daging yang kian meningkat selama lima atau sepuluh tahun ini. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard terhadap puluhan ribu orang, pria dan wanita, menemukan bahwa konsumsi daging akan meningkatkan risiko kanker usus sebesar 300 persen. Sebuah penelitian terhadap para wanita Jepang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi daging lebih banyak dari sayuran dan buah, delapan kali lebih besar kemungkinannya akan terkena kanker payudara.

T: Bagaimana pola makan daging dapat berakibat bagi kelaparan dunia?

G: Menurut Program Pangan PBB, ada lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia yang saat ini kelaparan. Sementara itu, sebagian besar hasil pangan di seluruh dunia disuplai untuk produksi daging. Sekitar 40 persen dari panen gandum dunia disuplai ke peternakan, dan 85 persen dari hasil kedelai yang kaya protein diberikan secara paksa kepada ternak sapi dan ternak hewan lainnya. Jika semua orang menjalankan pola makan nabati, kita semua akan punya cukup persediaan makanan, bahkan dapat memberi makan 10 miliar orang.

T: Bagaimana pola makan vegetarian dan vegan dapat mengurangi jejak karbon masyarakat jika mereka menjalankan pola makan ini?

G: Satu porsi daging sapi membutuhkan 16 kali lebih banyak gasolin, atau bahan bakar fosil, dibanding dengan satu porsi makanan vegan. Jika semua orang di dunia menjadi vegetarian atau vegan, kita semua akan menghapus setidaknya 50 persen dari semua emisi gas rumah kaca. Ini jauh lebih efektif daripada menghilangkan semua transportasi di dunia, dimana jumlah gabungan transportasi di seluruh dunia hanya menghasilkan13,5 persen emisi.

T: Di beberapa bulan terakhir, kami sudah mendengar mengenai para peneliti dan tokoh lingkungan yang mengatakan bahwa kita seharusnya lebih berfokus untuk mengurangi gas metana, ozon, dan karbon hitam (jelaga) daripada CO2. Mengapa hal itu dapat membantu kita untuk mendinginkan Bumi dengan lebih cepat dan dapat menghentikan perubahan iklim?

G: Baiklah, misalnya gas metana, para peneliti dari IPCC telah menemukan bahwa metana sebenarnya 72 kali lebih panas dibanding gas CO2, tapi ia akan hilang dalam periode 20 tahun. Ia akan hilang sepenuhnya dari atmosfer dalam waktu satu dekade, tapi CO2 akan tetap tinggal menghangatkan planet ini selamat ribuan tahun! Jadi, jika kita ingin mendinginkan Bumi ini dengan yang lebih cepat, maka kita harus menghilangkan gas-gas yang dapat menghilang lebih cepat di atmosfer.

T:  Mengapa menyingkirkan konsumsi daging dan produk susu dapat membantu kita mengurangi dampak pemanasan global?

G: Berdasarkan Laporan PBB tahun 2006 yang berjudul “Bayang-Bayang Panjang Peternakan,” menegaskan bahwa peternakan adalah penghasil utama gas metana terbesar – jadi menghapus daging dan produk susu tentu saja akan membantu mendinginkan planet ini dengan segera.

T:  Mengapa permintaan konsumen produk daging di Eropa juga turut berkontribusi menghancurkan hutan Amazon dan menambah pencairan es di Antartika?

G: Lebih dari 80% hutan Amazon ditebang untuk dijadikan lahan peternakan sapi. Dan seperti yang Anda ketahui, Eropa adalah salah satu konsumen daging sapi terbesar yang diimpor dari negara Brasil. Jadi, pengrusakan hutan Amazon jelas sekali disebabkan oleh produksi daging. Pencairan es Antartika juga dapat dihubungkan secara langsung dengan meningkatnya industri peternakan, karena potensi panas dari gas metana jauh lebih tinggi dari gas CO2.

T: Kita semua sedang berada dalam situasi penurunan ekonomi nasional dan global. Bagaimana pola makan vegan dapat membantu kita dalam mengurangi angka emisi gas rumah kaca?

G: Pola makan vegan jelas sekali paling ekonomis. Kita dapat mengetahuinya sendiri secara logika, karena dengan berpola makan vegan, kita akan mengonsumsi produk makanan langsung dari lahan. Makanan itu tidak perlu lagi ditangan keduakan dengan diberi makan ke hewan-hewan, kemudian makanan yang dimakan hewan-hewan itu kembali lagi ke manusia lewat daging mereka. Sebuah laporan dari negara Belanda yang berjudul “Perubahan Pola Makan Bermanfaat pada Perubahan Iklim,” menyatakan bahwa dana sekitar US$40 triliun yang akan digunakan untuk menyetabilkan gas rumah kaca pada tahun 2050 dapat dikurangi sebesar 80% jika dunia menjalankan pola makan vegan.

T: Rapat Kerangka Kerja PBB untuk Perubahan Iklim akan diadakan di Kopenhagen dari tanggal 7 hingga 18 Desember tahun ini. Apa yang akan Anda sarankan bagi para pemimpin dunia dalam membuat keputusan yang berarti bagi masyarakat dunia?

G: Saya hanya punya satu saran sederhana: yang terbaik adalah mengatasi dari penyebab utamanya yaitu dari produksi daging hewan. Jika kita ambil tindakan tegas dengan menghentikan permintaan konsumsi daging, maka pengrusakan hutan hujan akan dihentikan. Akan ada banyak persediaan makanan bagi yang kelaparan. Kita adalah manusia; sebagai manusia berarti harus “berperikemanusiaan.” Kita harus menjadi jati diri kita sebenarnya, yaitu “berperikemanusiaan.”

Supreme Master TV adalah saluran TV tanpa perlu berlangganan yang menayangkan berita-berita konstruktif dan program menginspirasi selama 24 jam sehari. Saksikan di Sky Channel 835 atau kunjungi situs web:  www.suprememastertv.com/ina

Kami berterima kasih kepada surat kabar Sunday Independent Irlandia dan jurnalis Ben Murnane yang telah membantu membawa kesadaran masyarakat akan situasi mendesak kita saat ini dan semoga para pembaca koran harian Sunday Independent dapat terinspirasi untuk beralih ke gaya hidup yang berkelanjutan bagi diri mereka dan juga bagi Bumi kita.

Untuk menyaksikan liputan lengkap Supreme Master Television atas wawancara Jurnalis Ben Murnane dengan Maha Guru Ching Hai, silakan kunjungi: http://video.Godsdirectcontact.net/magazine/WOW1086s.php