Selamatkan Planet Kita

Swedia: Negara Pertama Pencantum
Label Karbon pada Kemasan Makanan

 

Negara Swedia telah mencetuskan banyak prakarsa baru untuk mengurangi emisi karbon, dan ia adalah negara pertama yang mencantumkan label karbon dioksida pada pembungkus produk makanan yang dijual di toko-toko kelontong dan pada menu masakan di restoran-restoran. Setiap label menuliskan jumlah emisi karbon dioksida yang dihasilkan ketika bahan makanan tersebut diproduksi, sehingga masyarakat akan mengetahui berapa besar jumlah gas rumah kaca yang dikontribusikan oleh makanan mereka kepada perubahan iklim.

Ini adalah prakarsa uji coba yang dipelopori oleh Departemen Gizi Pemerintah Swedia sebagai upaya untuk mendorong masyarakat agar memilih jenis produk-produk makanan yang tidak hanya dapat memelihara kesehatan mereka tapi juga dapat memelihara kesehatan lingkungan. Jika uji coba ini meraih sukses, maka prakarsa ini akan diterapkan di seluruh negara.

Semenjak label jumlah emisi karbon mulai dicantumkan pada buku menu dan produk-produk makanan, angka penjualan produk-produk ramah lingkungan sudah meningkat hingga 20 persen. 

Hormat kami para pemimpin Swedia atas upaya-upaya Anda yang bijaksana dan ramah lingkungan dalam mendorong masyarakat agar segara bertindak untuk menyelesaikan krisis perubahan iklim.

Source: http://www.nytimes.com/2009/10/23/world/europe/23degrees.html