Media Reports

 

Berita Harian Medan, Indonesia, 6 Januari 2005

(Asal dalam bahasa Cina)

Kemarin, anggota-anggota tenaga bantuan dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai dari Formosa membagikan makanan dan perbekalan lainnya kepada para korban gempa dan tsunami di Masjid Sirajul Huda di desa Pante Raja, Kota Bireuen,  Provinsi  Aceh. (Edi Sukarno)

 

Harian Berita Medan, 15 Januari 2005

(Asal dalam bahasa Cina)

Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai dari Formosa menyumbangkan bahan-bahan bantuan senilai lima ratus juta rupiah kepada para korban yang terkena bencana di Aceh

[Laporan staf] Bencana alam yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang dipicu oleh gempa bumi dan tsunami di Sumatra Utara dan Aceh, telah menelan ratusan ribu nyawa dan menyebabkan jutaan orang mengungsi untuk dapat terus bertahan hidup. Masyarakat Internasional dengan segera menyampaikan keprihatinan mereka akan bencana yang terjadi, dan bahan-bahan bantuan serta makanan segera mengalir ke daerah tersebut. Pekerja kemanusiaan dari berbagai negara di dunia segera bergabung dengan tim-tim sukarelawan untuk melakukan tindakan penyelamatan dan usaha-usaha bantuan ke daerah-daerah yang terkena bencana, mencari para korban yang selamat, mengumpulkan mayat-mayat, menguburkan orang-orang yang meninggal, dan membersihkan reruntuhan sehingga upaya pembangunan kembali dapat segera dimulai.

Tiga puluh lima orang tenaga sukrelawan dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai yang berasal dari Formosa tiba untuk menyalurkan bahan-bahan bantuan berupa obat-obatan, makanan, dan pakaian kepada para korban. Mereka juga membangun pos-pos kesehatan untuk memberikan pelayanan di berbagai daerah yang terkena bencana di Aceh.

Muatan dari empat truk grup tersebut berisi bahan-bahan bantuan senilai lima ratus juta rupiah dan diangkut dengan menggunakan kendaraan Mitsubishi temasuk di antaranya obat-obatan, jubah sembahyang, sendal jepit, pakaian, kue-kue, air  minum mineral, beras, mi instan, pasta gigi, sikat gigi, sabun, kacang hijau, kelambu, pakaian dalam, dan barang keperluan wanita.

Yayasan tersebut, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Cabang Ganda Pura, mengirimkan bahan-bahan tersebut kepada para korban secara langsung di enam kota Ganda Pura dan Daerah Kecamatan—Samalanga, Jeunib, Plimbang, Peudada, Jeumpa Kuala, dan Jangka; seperti halnya pengiriman bantuan ke tujuh kota di kabupaten Pidie, khususnya kota Sigli. Perbekalan tersebut juga segera dikirimkan ke Pusat Penanggulangan Bencana Simpang Tiga dan Pusat Penanggulangan Bencana Sigli di Jl.Sultan Iskandar Muda No.10.  (Karno/H)


Liputan Media:

Harian Apple, Hong Kong
Harian Berita Medan, Indonesia
Indra Keenam Hewan Menyelamatkan Mereka dari Tsunami di Asia Selatan
Hewan-Hewan Menunjukkan Rasa Simpati - Seperti Halnya Manusia, dalam Menyelamatkan Para Korban Tsunami
Keputusasaan Setelah Bencana Berubah Menjadi Harapan