Mutiara Kebijaksanaan

Siapkan Dirimu Setiap Hari
untuk Kehidupan Sesudah Ini

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai di Cape Town, Afrika Selatan,
27 November 1999 (Asal dalam bahasa Inggris)
Kaset Video #669

Kita semua akan meninggalkan dunia fisik ini suatu hari, tapi tidak semua dari kita siap untuk keberangkatan terakhir. Itu sebabnya kebanyakan dari kita merasa tidak nyaman dan takut menghadapi hari itu. Meskipun kebanyakan dari kita masih sangat muda, seperti saya, kita sudah khawatir akan hari keberangkatan yang menakutkan itu, karena kita belum mempersiapkan diri kita dengan amat baik. Kita menyiapkan asuransi untuk sakit, untuk rumah, untuk hipotek, dan untuk semua hal lainnya, tapi kita belum menyiapkan sesuatu untuk hari ketika kita meninggalkan dunia ini. Di dalam Alkitab tertulis, “Tinggalkan daging untuk hidup menurut roh; belajar untuk mati sehingga kamu akan mulai hidup.” Kita mungkin membaca ayat ini setiap hari atau lebih dari satu kali setiap hari, tapi banyak dari kita tidak tahu bagaimana caranya mati setiap hari supaya kita dapat mengetahui bagaimana hidup ini sebenarnya. Tentu saja, itu tidak apa-apa karena kita semua memiliki keabadian untuk memilih, sekali lagi dan lagi.

Saya berada di sini hari ini bukan untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana cara untuk menjalani hidup Anda, tapi saya akan menunjukkan pada Anda bagaimana cara untuk mati. Karena hanya ketika kita belajar bagaimana cara untuk mati dan menghadapi kematian, kita tidak lagi takut akan hal-hal yang tidak kita ketahui. Segera setelah kita mati, keadaannya sama dengan hidup sekarang, kecuali dengan kondisi yang jauh lebih baik. Kita lebih bebas. Kita dapat pindah ke mana saja dengan cepat melebihi kecepatan cahaya. Kita dapat memiliki apa saja yang kita inginkan dengan seketika. Kita lebih bebas daripada seekor burung dan kita dapat menikmati akses kepada Tuhan kapan saja, karena kita satu dengan Tuhan. Tapi itu dapat terjadi hanya jika kita telah menyiapkan diri untuk hari itu. Pikiran kita amatlah kuat. Dalam kehidupan sehari-hari, apa saja yang paling kita pikirkan atau kehendaki akan datang kepada kita. Jika pada saat keberangkatan kita dari dunia ini, pikiran kita memikirkan sesuatu dan ia belum menjadi kenyataan, kita akan kembali lagi ke planet fisik ini untuk memenuhi keinginan kita. Jadi, bagi mereka yang tidak ingin kembali ke sini lagi, atau bagi mereka yang hendak menguasai takdir keberadaan mereka yang akan datang setelah kehidupan ini, ada sebuah cara mempersiapkan diri untuk itu.

Pada saat keberangkatan kita dari dunia ini, jika pikiran kita tentang sesuatu sangat kuat, maka kita akan ditarik kepada hal itu, tempat itu, atau keinginan itu. Maka, selagi kita masih hidup, kita seharusnya melatih pikiran kita dengan cara yang sangat positif setiap hari, sebanyak yang dapat kita lakukan, hingga itu menjadi kebiasaan kita, hingga itu menjadi diri kita. Maka pada waktu kita mati, kita akan pergi ke mana pikiran menuntun kita. Kita adalah inti sari dari Tuhan dan kita memiliki kekuatan Tuhan di dalam diri kita, apakah kita menyadarinya atau tidak. Jadi pikiran kita, pada praktiknya, sangat, sangat kuat.


Artikel-Artikel yang Berkaitan:

Mati Tiap Hari
Para Praktisi Quan Yin Mati Setiap Hari


Siapkan Dirimu Setiap Hari untuk Kehidupan Sesudah Ini
Inti dari Mati Setiap Hari
Kita Seharusnya Berlatih seakan-akan Tidak Ada Hari Esok