Tanya Jawab Pilihan

Pilihlah Sebuah Pekerjaan
yang Sesuai dengan
Hati Nurani dan
Cita-Cita Mulia Anda

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai,
Los Angeles, CA, Amerika Serikat, 14 Maret 1996
(Asal dalam bahasa Inggris) Kaset Video # 537b

T: Bagaimana cara para rekan inisiat yang melakukan penelitian ilmiah atau medis dan harus mengorbankan hewan-hewan atau menyakiti mereka demi studi ilmiah. Di sisi yang lain mereka harus melanggar sila tidak membunuh?

G: Keduanya sama. Atas nama ilmu pengetahuan, orang melakukan banyak pengorbanan tidak berguna seperti pembedahan hidup-hidup dan sebagainya. Saya tidak suka hal itu. Jika Anda ingin melakukannya, Anda melakukannya bertentangan dengan hati nurani Anda sendiri. Tapi saya pikir Anda tidak akan menyukainya.

Setelah beberapa waktu, Anda menjadi sangat sensitif terhadap penderitaan hewan. Hewan-hewan memiliki jiwa persis seperti Anda dan mereka juga menderita. Jadi, jalan yang terbaik adalah menghindarinya. Jika Anda tidak dapat menghindarinya, maka lakukan saja, akan tetapi Anda harus menanggungnya.

T: Tapi bagaimana Anda melakukan itu jika itu adalah bagian dari pekerjaan kecuali jika seseorang berganti pekerjaan?

G: Maka ganti saja.

T: Dalam pandangan Guru, apakah ada cara lain untuk mengembangkan obat-obatan tanpa menggunakan hewan?

G: Ada banyak cara. Zaman dahulu orang tidak menggunakan hewan untuk menguji obat-obatan. Orang–orang sekarang menggunakan hewan untuk segala hal; Saya tidak tahu kenapa. Ini seolah-olah mereka menggunakan anak mereka sendiri, sungguh. Apa yang bisa saya katakan kepada Anda? Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan; Anda tahu jawabannya.

Pembunuhan hewan sungguh tidak perlu. Sebagai contoh, mereka membunuh hewan yang digunakan dalam percobaan hewan untuk kosmetik dan sebagainya. Namun ada begitu banyak kosmetik yang dibuat tanpa percobaan hewan, yang tetap cantik dan bagus. Maka, itu berarti bahwa sesungguhnya tidak perlu mengorbankan hewan untuk hal apa pun.

Selain itu, jika kita bermeditasi lebih banyak, kita sungguh tidak butuh obat-obatan sebanyak itu. Kalian semua sudah punya pengalaman ini. Tentu saja saya tidak dapat mengubah cara hidup orang zaman sekarang ini, tidak setiap orang. Tapi kalian sendiri tahu, tidak ada gunanya membunuh demi untuk hidup, karena yang mati tidak akan membawa kehidupan. Kehidupan tidak bisa datang dari kematian. Ketika hidup dimulai dengan kematian, ia akan berakhir lagi dengan kematian.

Kita tidak bisa menggunakan tubuh mati seseorang atau makhluk hidup lainnya untuk menghidupi diri kita. Pada akhirnya ia akan mempengaruhi kita karena kematian tidak dapat melahirkan kehidupan. Itulah sebabnya kita harus menjadi vegetarian. Lihatlah pada kosmetik-kosmetik dan kalian akan tahu. Banyak kosmetik punya keterangan “Tanpa diujicobakan pada hewan“ yang tertulis di label, dan mereka jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang menggunakan percobaan hewan. Mereka bahkan lebih murah dan lebih cocok untuk kulit, lebih mudah dan lebih hemat. Kulit kalian terasa lebih baik dan kalian merasa lebih ringan saat kalian menggunakannya. Kalian tidak merasa berat atau merasakan semacam perasaan terbebani. Jadi sesungguhnya, percobaan hewan tidak, tidak, tidak dibutuhkan.

Anda sebagai ilmuwan pasti mengetahuinya; banyak obat-obatan yang diujicobakan pada hewan tidak bisa dipergunakan pada manusia karena mereka memiliki banyak perbedaan. Tetapi para ilmuwan tetap mencobanya. Ya, dengan niat baik, seperti tukang daging yang membunuh hewan untuk memberi makan orang.

T: Tetapi ini merupakan persyaratan dalam mengembangkan obat apa pun.

G: Lalu pilihlah pekerjaan Anda, atau pilihlah gaya hidup Anda. Jika Anda pikir hal itu dibenarkan, lalu Anda ikuti saja pekerjaan yang bertentangan dengan hati nurani Anda itu. Tapi jika Anda berpikir Anda termasuk kelompok makhluk yang penuh kedamaian dengan karakter lebih mulia dan cara berpikir yang lebih tinggi, lalu pilihlah sebuah pekerjaan yang lebih cocok dengan hati nurani dan cita-cita mulia Anda.  ♥