Laporan menurut kriteria dan penilaian Guru

Dunia Bangkit Menuju
Gaya Hidup Mulia


Oleh Grup Berita Florida, Amerika (Asal dalam bahasa Inggris)

Undang Undang Hewan yang baru dan radikal ditetapkan di Eropa

Pada tanggal 23 Januari 2006, Parlemen Uni Eropa menetapkan undang-undang  kesejahteraan hewan yang telah diperbaharui secara menyeluruh, yang menggambarkan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap hak-hak hewan di Eropa. Melalui undang-undang yang baru ini, banyak  praktik peternakan hewan yang kejam, seperti kandang dan peti kayu yang berpalang, akan dihapuskan setahap demi setahap dalam waktu lima hingga sepuluh tahun mendatang. Undang-undang ini juga menjelaskan standar perumahan hewan seperti ukuran, luas permukaan, dan pencahayaannya.

 

Sikap Mulia dari Orang-Orang Eropa

Selain itu, di awal tahun 2005, sebuah sistem baru pemberian label bagi produk-produk penyayang hewan mulai diberlakukan. Hal ini berawal dari “Penelitian Barometer Eropa menyangkut Sikap Orang Eropa” yang didistribusikan kepada 70.000 warga Uni Eropa. Penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas orang Eropa menghendaki pemberian etiket yang lebih baik bagi produk-produk hewani, dan hampir 60% mengatakan bahwa mereka mau membayar lebih mahal untuk berbagai makanan yang melindungi dan menyelamatkan para hewan. Mengenai penelitian ini, Komisaris Uni Eropa, Markos Kyprianou berkomentar, “Dengan jelas para konsumen Eropa peduli akan keselamatan hewan dan ingin diberi keterangan tentang pilihan makanan yang dibeli.” Laporan penelitian ini menyimpulkan, “Telah ada suatu perubahan sikap masyarakat yang jelas terhadap para hewan dalam dekade terakhir ini dan bagaimana nasib para hewan benar-benar diperhatikan di dalam masyarakat.”

Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian tersebut, mayoritas warga Uni Eropa mendesak pemerintah untuk mempromosikan kesejahteraan hewan di seluruh dunia. Sebagai hasilnya, pedoman internasional yang terinci tentang kesejahteraan hewan ternak untuk pertama kalinya diusulkan di OIE, Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan, dan akan segera diadopsi oleh 167 negara anggotanya pada bulan Mei 2005.1

Juga, di bulan Februari 2006, Parlemen Inggris menetapkan sebuah rancangan undang-undang tentang kesejahteraan hewan. Hal ini dapat menunjukkan suatu perubahan mendasar dalam undang-undang hewan di Inggris. Undang-undang ini telah mengharuskan para pemilik hewan untuk memperlakukan hewan mereka sebagaimana mestinya. Pelanggar dari undang-undang tersebut akan dikenakan denda sebesar US$35.000 dan satu tahun penjara.2

 

Perubahan yang Gemilang di Cina

Pada bulan Oktober 2004, Beijing mengusulkan suatu amanat di mana para hewan yang dibunuh harus menggunakan cara yang mempunyai tingkat kesakitan terkecil. Mengenai undang-undang ini, Dr. Peter Li dari Universitas Houston berkata, ”Sebelumnya di Cina  tidak pernah ada berbagai pernyataan yang begitu banyak menarik perhatian mengenai perawatan hewan. Sejak akhir tahun 90-an, para sarjana Cina sibuk berdebat mengenai topik hangat ini, dan kasus-kasus kekejaman terhadap hewan yang menonjol baru-baru ini telah membuat topik ini menjadi bahan pembicaraan yang hangat di masyarakat.” Karena Cina memiliki penduduk terbesar di dunia, maka perbaikan kesejahteraan hewan merupakan langkah yang sangat penting dan berarti dalam memperbaiki keadaan hewan yang menyedihkan.

 

Warisan mulia dari India

India memiliki sebuah kebiasaan kuno yang senantiasa menghormati para hewan. Kebiasaan ini bahkan masih terus berlanjut hingga saat ini. Misalnya, sebuah ketentuan dalam undang-undang dasar di India menyatakan bahwa orang India memiliki suatu kewajiban moral untuk mencegah penderitaan hewan.3 Dan pada tanggal 11 Maret 2004, Mahkamah Agung di India menegakkan sebuah undang-undang yang ketat di kota ziarah Rishikesh yang mencegah penjualan telur. Menanggapi penjual daging setempat yang menentang bahwa undang-undang tersebut bertentangan dengan demokrasi modern, Mahkamah Agung hanya mengatakan, ”Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa beberapa komunitas masyarakat di India menjalankan pola hidup vegetarian yang ketat dan menghindari daging, ikan, maupun telur.”

Saat ini India dipimpin oleh Partai Kongres di mana Perdana Menteri dan Presidennya mendukung pola makan vegetarian. Maka, pada tanggal 21 Januari 2006, rapat Partai Kongres dibuka dengan hidangan vegetarian untuk tiga ribu delegasi.

Pada masa lampau, perselisihan di India atas pembunuhan sapi dan babi telah menyebabkan banyak bentrokan maut antar umat Hindu dan Muslim. Bagaimanapun, pada tahun 2004, sebuah peraturan yang dikeluarkan oleh suatu dewan Muslim yang terkemuka di Delhi  telah membawa perdamaian yang lebih besar. Peraturan tersebut mengharuskan Muslim India agar tidak menyembelih sapi selama berbagai hari raya Hindu.4

 

Gerakan baru di Belanda

Sebuah partai politik yang sangat peduli terhadap hewan telah berdiri di Negeri Belanda, yaitu ”Partai Pembela Hewan”. Dan partai ini telah mengambil hati jutaan warga Belanda dan hampir memenangkan sebuah kursi di Parlemen Eropa pada tahun 2004.5

 

Peristiwa bersejarah di Spanyol

Kota Barcelona membuat sejarah di tahun 2004 dengan melarang olahraga kuno yang berisi perkelahian antara manusia melawan banteng. Olahraga ini dilarang di seluruh Catalonia pada tahun 2005.

 

Peraturan bijaksana dari Roma

Di bulan Oktober 2005, kota Roma, Italia, menetapkan undang-undang hewan peliharaan yang paling menyeluruh selama ini. Kota itu mengharuskan pemilik hewan peliharaan untuk mengajak jalan-jalan anjing mereka satu kali dalam sehari (atau didenda US$625). Pengelola Kota Roma bahkan melarang pembangunan rumah di 800 kawasan tempat kumpulan kucing liar hidup dan  juga melarang semua penampungan hewan di Romawi melakukan pembunuhan. Penasihat kota yang mendukung peraturan Roma ini berkata, “Sangat baik untuk melakukan apa pun untuk melindungi para hewan. Mereka membalas sedikit kasih yang kita berikan dengan memberikan perhatian mereka sepenuhnya kepada kita. Peradaban sebuah kota juga dapat diukur dengan cara ini.”

 

Kebangkitan di Amerika

Walaupun Amerika menduduki urutan kedua di antara negara pengkonsumsi daging terbanyak, akan tetapi berbagai perubahan besar mengenai perlakuan hewan telah terjadi. Sebagai contoh, pada bulan November 2002, warga Florida mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana negara bagian tersebut memasukkan suatu amandemen ke dalam Undang-Undang Dasar Negara bagian mereka untuk meningkatkan kesejahteraan babi yang sedang hamil. Tindakan yang mengagumkan ini telah menyebabkan diterimanya banyak undang-undang kesejahteraan hewan yang lain melalui pemungutan suara. Pemungutan suara di tahun 2006 akan diadakan sehubungan dengan penanganan kandang-kandang babi dan lembu di Arizona, serta larangan balapan anjing di Massachusetts akan mengikuti delapan negara bagian yang lain.

Pada bulan Januari 2006, kota Bloomington, Indiana, mengubah kata ”pemilik” menjadi “wali” dalam undang-undang hewan di kota itu. Bloomington adalah kota ke-14 di Amerika yang membuat perubahan ini bersamaan dengan seluruh negara bagian Pulau Rhode. Hal ini menggambarkan adanya kecenderungan untuk memberi perlindungan dan hak dasar kepada para hewan yang sebelumnya hanya dimiliki oleh umat manusia. “Perwalian hewan peliharaan” juga muncul sebagai sebuah perkembangan hukum yang baru di Amerika. Seperti halnya perwalian bagi anak-anak, dana ini disimpan untuk para hewan saat pemiliknya meninggal. Gerry Beyer, seorang profesor hukum yang khusus dalam bidang ini, berkata, “Pemikiran tentang perwalian hewan peliharaan yang berawal dari sesuatu yang nampak menggelikan telah berkembang menjadi sesuatu yang sangat utama hanya dalam waktu semalam saja.”

 

Kemajuan ilmu pengetahuan yang sejati

Hak para hewan dalam percobaan ilmiah telah menjadi topik pembicaraan utama di seluruh Eropa. Undang-undang hewan Uni Eropa yang baru mengharuskan semua bangsa untuk mengganti percobaan hewan dengan alternatif lain yang berlandaskan pada prinsip “3P”  (penggantian, pengurangan, dan perbaikan hewan percobaan). Perwakilan Rakyat Amerika baru-baru ini telah mendanai sebuah prakarsa yang serupa untuk mengembangkan berbagai pilihan lain. Di tahun 2005, badan pembuat undang-undang di New Jersey bersuara bulat melarang percobaan hewan jika ada berbagai pilihan lainnya. Sekarang model dan video komputer dapat menggantikan pembedahan dalam berbagai pelajaran ilmu pengetahuan; dan pada tahun 2005, papan pengumuman sekolah di Toronto mengumumkan kebijaksanaan “pilihan pembedahan”, yang mengharuskan semua murid diberi penjelasan bahwa mereka mempunyai hak untuk tidak melakukan pembedahan dan disediakan berbagai pilihan lain.

 

Berbagai perguruan tinggi menjadi hijau

Belakangan ini, berbagai pilihan hidangan vegetarian telah tersedia di berbagai sekolah dan perguruan tinggi di seluruh Amerika sesuai dengan tuntutan dari para orang tua dan murid yang menginginkan buah-buahan, sayur-sayuran, dan makanan pengganti daging disediakan di kantin mereka.

Pada tahun 2001 di Miami, Florida, Dr. Antonia Demas mengajar 19 orang pemuda nakal bagaimana membuat makanan vegetarian. Ia dengan tegas meminta para pemuda itu untuk menjalankan pola makan vegetarian murni dan minum delapan gelas air setiap hari selama tiga minggu. Semua pemuda itu menunjukkan kemajuan dengan berkurangnya kelakuan agresif mereka, meningkatnya prestasi akademis, olahraga, dan kekuatan tubuh, serta turunnya risiko terkena penyakit jantung sebesar 30%.  Setelah mengumumkan hasilnya, Dr. Demas diundang untuk menunjukkan tekniknya ke berbagai sekolah di lima negara bagian lainnya.6

Pada tahun 2003, Dr. Robert Lawrence yang merupakan dekan kepala dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Bloomberg di Universitas Johns Hopkins dan  pemenang  Penghargaan Albert Schweitzer di bidang Kemanusiaan pada tahun 2002 memulai kampanye yang disebut “Hari Senin Tanpa Daging” untuk mempromosikan pola hidup vegetarian di sekolahnya. Sekolahnya sering kali mendapat peringkat pertama di antara berbagai sekolah kesehatan di Amerika. Lebih dari tiga puluh tahun terakhir, jumlah artikel dalam majalah ilmiah tentang pola hidup vegetarian telah meningkat hampir delapan kali, dan pada tahun 1997, Perkumpulan Diet Orang Amerika menerbitkan edaran yang sangat mendukung pola hidup vegetarian.7

 

Makanan masa depan

NASA berhasil mengembangkan makanan ruang angkasa yang merupakan makanan vegetarian murni. Salah satu proyek di tahun 2000, NASA menetapkan 100 resep vegetarian utama yang menggunakan hasil panen dari metode penanaman yang menggunakan sistem pendukung kehidupan regeneratif, di mana tanaman dan mikroba berfungsi untuk memperbarui udara, air, dan makanan bagi awak pesawat. Nasa menguji resep-resep vegetarian dalam penelitiannya selama tiga puluh hari dan menyimpulkan bahwa orang-orang yang hidup di ruang angkasa akan sangat senang mengkonsumsi makanan vegetarian.

Sejak wabah penyakit Sapi Gila dan berbagai masalah kesehatan dunia yang baru-baru ini muncul, para konsumen telah menunjukkan bahwa mereka mau membayar lebih untuk bahan-bahan yang diberi label vegetarian atau dari sumber sayuran. Sebuah analisa pasar makanan di bulan Januari 2006 menyebutkan bahwa 30-50% bahan dasar hewani akan digantikan dengan bahan dasar vegetarian dalam waktu lima hingga sepuluh tahun.8

Referensi:
1 http://europa.eu.int/comm/food/animal/welfare/index_en.htm
2 http://europa.eu.int/comm/food/animal/welfare/index_en.htm
3 Article 51-A
4 http://www.hindu.com/2004/02/02/stories/2004020204261100.htm
5 http://www.partijvoordedieren.nl

6 http://www.foodstudies.org
7 15. Sabate J, Duk A, Lee CL. Meningkatnya publikasi tentang nutrisi vegetarian dalam literatur biomedis; 1966-1995. Am J Clin Nutr 1999;70(supl):601S-607S.
8 http://www.foodnavigator-usa.com/news/ng.asp?n=65085-dsm-vegetarian-food-safety-

Beritahu teman
tentang artikel ini


Kepemimpinan yang Tercerahkan Menciptakan Masa Depan yang Cerah

Kanada | Australia | Kosta Rika | Selandia Baru | Slovenia | Belanda | Amerika Serikat