Laporan dari Bangkok, Thailand

Kasih Tak Bersyarat Menghangatkan Hati Para Penghuni Penjara

Oleh Grup Berita Bangkok

Ketika musim dingin mendekat pada bulan November 2004, para inisiat Bangkok menerima berita tentang kondisi Penjara Umum Klongphai dan fasilitas perawatan khususnya di  daerah Siku, Provinsi Nakorn Ratchasima, yang sangat buruk. Jadi saudara-saudari sepelatihan menulis surat kepada kepala penjara untuk mendapatkan izin berkunjung, menyediakan makanan vegetarian, mengadakan ceramah video, memperkenalkan meditasi, dan membagikan baju hangat serta kebutuhan harian lainnya bagi para tahanan.

Setelah mendapatkan izin dari pejabat di sana, pada tanggal 28 November, rekan-rekan inisiat mengunjungi fasilitas perawatan khusus Klongphai untuk memberikan bantuan dan hiburan kepada hampir seratus perempuan tua tahanan penjara, yang kebanyakan dari mereka tidak mempunyai sanak keluarga. Kegiatan dimulai dengan kata sambutan serta pembacaan kata-kata mutiara Guru. Kemudian paket barang dibagikan; termasuk baju hangat, kaus kaki, sikat gigi, odol, sereal instan, kartu ucapan selamat yang berisi kata-kata mutiara, dan pamflet Guru yang memperkenalkan Guru dan Metode Quan Yin. Kemudian video dipertunjukkan kepada penghuni untuk memperkenalkan Maha Guru Ching Hai. Pemutaran video kemudian diikuti oleh ceramah Guru yang berjudul ‘Arti Sebenarnya dari Kebebasan’. Setelah itu, salah satu penghuni menyatakan bahwa ia merasa sepertinya Guru telah berbicara kepadanya dan menunjuk secara langsung ke hatinya selama pertunjukan video. Para inisiat juga membagikan buku Guru dan DVD ceramah, serta memberikan buku contoh dalam berbagai bahasa kepada perpustakaan penjara.

Akan tetapi peraturan penjara mewajibkan permohonan persetujuan terlebih dahulu untuk mengajar Metode Kemudahan kepada penghuni yang berminat. Jadi, para inisiat menerima saran pejabat untuk mendapatkan izin dan menjadwalkan sebuah sesi pengajaran Metode Kemudahan pada hari yang lain. Acara berakhir dengan santap siang makanan vegetarian yang disajikan dengan penuh kasih oleh saudari dan saudara sepelatihan. Makanan ini mendapat pujian dari para penghuni.

 

Kemudian, pada tanggal 2 Desember, para inisiat Bangkok menyerahkan 171 paket baju hangat dan barang-barang kebutuhan lainnya ke Penjara Umum Klongphai. Akan tetapi, mereka tidak dapat menyerahkan barang tersebut secara langsung kepada para penghuni  pria, karena kegiatan penjara sepanjang minggu itu adalah waktu bagi para sanak keluarga untuk mengunjungi para penghuni di penjara itu. Buku-buku dan DVD Guru juga diberikan kepada perpustakaan penjara.

Rekan-rekan praktisi di Bangkok mengucapkan terima kasih kepada Guru atas berkah-Nya dan atas pemberian kesempatan untuk mengembangkan kasih tanpa pamrih dengan pemberian bantuan barang, dukungan moral, dan semangat kepada penghuni di Penjara Umum Klongphai dan fasilitas perawatan khususnya.



Thailand