Laporan Gabungan dari Formosa

 

Taipei Hsinchu Tainan



Taipei

Sebuah Harapan Musim Semi
Bagi Mereka yang Kurang Beruntung

Oleh Grup Berita Taipei (Asal dalam bahasa Cina)

Dalam minggu-minggu sebelum Tahun Baru Imlek 2005, para inisiat Taipei diilhami oleh semangat kasih Guru Ching Hai yang universal untuk menyampaikan kehangatan dan kepedulian kepada mereka yang kurang beruntung selama musim dingin dengan melakukan serangkaian aktivitas bantuan. Kira kira tiga ratus orang anggota Center Taipei digerakkan dalam kegiatan ini.  Para sukarelawan memulainya dengan mengunjungi Biro Sosial Kota Taipei untuk mendapatkan informasi mengenai tempat-tempat berkumpulnya para tunawisma dan barang-barang yang paling mereka butuhkan. Untuk mengabarkan kepada orang-orang jalanan, saudara-saudari inisiat kemudian memasang pengumuman di tempat-tempat tersebut tentang jadwal dan lokasi aktivitas bantuan yang akan diadakan.

Pada akhir Desember 2004, gelombang angin dingin menyapu Taipei, dan para inisiat diberitahu oleh Pusat Sosial Distrik Wanhua bahwa para tunawisma setempat sangat membutuhkan pakaian hangat. Karena itu, pada tanggal 28 Desember, para praktisi menyalurkan lima belas karton jaket tebal dan hangat untuk mengurangi penderitaan mereka.  Kemudian, setelah penyaluran jaket musim dingin yang kedua, juga disiapkan sepatu kungfu, sabun mandi cair, sampo dan pisau cukur yang dikelompokkan berdasarkan survei jalanan yang dilakukan oleh Biro Sosial. Para inisiat, dibantu oleh anggota staf Biro, menyalurkan barang-barang tersebut ke rumah-rumah papan dan tempat penampungan para tunawisma.  Sepatu kungfu melambangkan langkah pertama dalam menemukan pekerjaan, dan ditujukan untuk memberi semangat kepada para tunawisma untuk memulai hidup mereka yang baru.  Para inisiat juga menyiapkan lima ratus tas hadiah Tahun Baru untuk dibagikan, masing-masing berisi sebuah topi wol hangat, sarung tangan, kaus kaki, odol, sebuah sikat gigi, sebuah handuk, permen, roti, kue, sepotong sandwich, minuman panas, dan yang terpenting makanan rohani—cetakan majalah Berita Guru.

Kemudian, pada pagi hari tanggal 26 Januari 2005, para sukarelawan membagikan enam puluh karton pakaian musim dingin yang disumbangkan oleh rekan-rekan inisiat kepada Pusat Penampungan Jhonghe untuk para tunawisma.  Dan pada siang harinya, mereka memberikan tas hadiah Tahun Baru kepada Pusat Sosial Distrik Wanhua, di mana Bapak Yang Liou-chi, kepala seksi pekerjaan sosial Biro Sosial kota, dan Bapak Lin, seorang wakil para tuna wisma senior, menerima barang-barang tersebut atas nama para tunawisma.  Dalam sambutannya, Kepala Seksi berterima kasih kepada Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai atas kepedulian para anggotanya yang telah mereka tunjukan kepada warga jalanan Taipei selama bertahun-tahun, dan atas usahanya yang terus-menerus dalam memberikan bantuan materi dan rohani.

Malam itu, dengan diberi petunjuk oleh beberapa pekerja sosial yang penuh kasih dan kesabaran dari Biro Sosial Taipei, rekan-rekan sepelatihan mengunjungi beberapa tempat yang biasa dihuni oleh para tunawisma dan memberikan tas-tas hadiah. Begitu menerima hadiah kasih Guru, si penerima mengungkapkan rasa syukurnya yang mendalam - tercermin dari wajah mereka yang penuh kebahagiaan. Saudara-saudari inisiat selama kunjungan ini disertai oleh sekelompok akademis yang mempelajari penduduk tunawisma – Profesor Yang dari Universitas Nasional Taiwan dari jurusan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; Profesor Pan dari Universitas Nasional Normal Taiwan; dan beberapa mahasiswa mereka yang telah lulus.  Para profesor dan mahasiswa terdiam saat melihat para praktisi Taipei yang dengan rajinnya memberikan tas-tas hadiah, sehingga melupakan dinginnya angin dan bahaya yang bisa terjadi di tempat-tempat yang mereka kunjungi, dan akhirnya mereka berkata berulang-ulang, “Ini adalah kerja keras buat kalian."

Berikutnya, pada pagi hari tanggal 14 Februari, para inisiat membagikan lagi kira-kira seratus tas hadiah kepada Pusat Penampungan Jhonghe untuk para tunawisma, di mana Direktur Chen Xue-Cheng dan seorang wakil warga, Bapak Zhang, menerima barang-barang tersebut.  Direktur Chen sangat berterima kasih kepada Asosiasi Maha Guru Ching Hai atas pemberian bantuan tepat pada saat angin dingin datang. Bapak Zhang, juga berterima kasih dengan berkata, “Barang-barang berguna dan buku contoh yang mengangkat jiwa, serta majalah Berita yang Anda berikan adalah barang yang paling dibutuhkan oleh para tunawisma.” Malam itu, satu kelompok lain dari rekan-rekan sepelatihan pergi ke Wisma Damai, sebuah rumah papan tempat tinggal para tunawisma di Taipei, di mana mereka disambut dengan hangat oleh warganya.  

Tidak lama setelah itu, Center Taipei mengetahui dari Biro Sosial bahwa selagi rumah tangga setempat menerima banyak bantuan dari kelompok-kelompok kesejahteraan sosial, beberapa warga senior yang tinggal sendiri hanya mendapatkan sedikit perhatian. Karena itu, pada pagi hari tanggal 21 Januari, para inisiat menyiapkan persediaan briket pemanas, botol thermos, nasi, tambahan gizi, dan cetakan dari majalah Berita Guru. Kemudian, disertai oleh beberapa orang pekerja sosial dan seorang warga senior yang bersikeras, mereka mengunjungi lebih dari dua belas warga berusia lanjut di distrik Wanhua untuk memberikan kepada mereka dukungan materi dan rohani

Fasilitas terakhir yang dikunjungi para inisiat selama proyek bantuan musim dingin 2004-2005 adalah Taipei County Center Ai-Wei di bukit Huafu, perkotaan Bali.  Saudara-saudari inisiat tersebut sebelumnya telah mengunjungi Center tersebut di bulan September 2004, ketika mereka mengetahui bahwa staf di sana telah membuat ruangan belajar komputer supaya warga bisa mendapatkan pengetahuan baru dan melatih jari yang cacat dan kaku. Karena itu, seiring dengan kebutuhan Center tersebut, selama kunjungan ini para inisiat menyerahkan enam set komputer dan sepuluh karton kain. Melalui kegiatan ini, aliran hangat kasih Tuhan bersinar melalui warga Taipei yang kurang beruntung di hari-hari paling dingin di kota itu. Dan semoga, proyek bantuan musim dingin Taipei 2004-2005 membawa secercah kebahagiaan kepada orang-orang jalanan, cacat, dan lansia yang hidup sendiri, dan akan mendorong saudara-saudari yang kurang beruntung ini - yang sering dilupakan oleh masyarakat - untuk mencari hidup baru sebagaimana mereka dapatkan harapan dan kekuatan dari kata-kata bijak Guru.


Hsinchu

Mengamalkan Kasih dalam Tindakan

Oleh Grup Berita Hsinchu (Asal dalam bahasa Cina)

Pada tanggal  6 Januari 2005, para inisiat dari Hsinchu, Formosa, mengunjungi Pusat Penitipan Anak Yu-An di wilayah Miaoli, Yayasan Kesejahtraan Sosial Katolik Hua-Kuang di wilayah Hsinchu, Pusat Pendidkan Khusus Santo Joseph di Kota Hsinchu, dan Rumah Keajaiban (Miracle Home)  yang memberikan jasa konsultasi dan lingkungan yang stabil kepada siswa yang putus sekolah, anak-anak dari keluarga yang bercerai dan mereka yang terlibat kenakalan remaja. Para inisiat memberikan hadiah dan kasih Guru kepada penghuni muda di tempat-tempat ini. Di Tempat Penitipan Anak Yu-An, direkturnya secara pribadi menerima kebutuhan sehari-hari yang dibawa oleh rekan-rekan praktisi. Dia memberikan sebuah bendera kepada para inisiat sebagai tanda penghargaan atas kegiatan memanusiaan Guru.

Tempat-tempat di atas adalah ekspresi nyata dari kasih Tuhan yang disalurkan melalui kedermawanan. Kebutuhan dari anak-anak dan remaja yang tinggal di fasilitas ini terpenuhi dengan baik. Mereka juga diberikan pelatihan keterampilan sehingga mereka dapat berkarya untuk masyarakat di masa yang akan datang. Semoga, dengan tibanya Masa Keemasan, umat manusia akan terus menunjukkan cinta kasih universal dan mengisi setiap sudut dunia dengan kasih sayang yang hangat.

Tainan

Bantuan untuk Para Jompo

Oleh Grup Berita Tainan (Asal dalam bahasa Cina)

Di pertengahan musim dingin 2004-2005, Center Tainan dari Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai melakukan sejumlah kegiatan untuk memberikan bantuan pada sejumlah rumah tangga dan mereka yang berkekurangan di lingkungan mereka. Pada tanggal 26 dan 29 Desember 2004, dan tanggal 14, 25 dan 29 Januari 2005, para inisiat setempat mengunjungi Rumah Veteran BaiHe, Panti Jompo Jhupu di Yanshuei, Panti Jompo Kuil Taizih, Sekolah Cacat Hsin Te Chu Hua, dan Panti Jompo  Rumah Sakit Sinying di wilayah Tainan.

Selama kegiatan ini, video perkenalan Guru ditayangkan, dan kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan yang meriah; di antaranya adalah pembacaan Puisi Wu Tzu karya Guru – yang mendapat sambutan hangat dari penonton. Beberapa penduduk senior berkata bahwa saudari inisiat yang membacakan syair telah mengajarkan dirinya cara untuk membaca puisi. Orang itu memuji Maha Guru Ching Hai sebagai seorang Guru yang tercerahkan yang mengerti sepenuhnya penderitaan makhluk hidup. Ia juga mengatakan bahwa puisi-Nya dengan tepat menggambarkan kehidupan di bumi yang tidak kekal. Selain itu, Direktur Tang Yue-Mei dari Kuil Taizih, dengan penuh rasa terima kasih meneteskan air matanya, karena tersentuh oleh cinta kasih Guru. Staf dari Panti Jompo Jhupu menunjukkan minat untuk mempelajari ajaran Guru, sehingga mereka dapat melayani para jompo di tempat ini dengan lebih efisien.


Pingtung

Membangun Masyarakat yang Penuh Perhatian kepada Para Lansia

Oleh Grup Berita Pingtung (Asal dalam bahasa Cina)

Pada tanggal 23 Januari 2005, para inisiat Asosiasi Internasional Maha Guru Ching Hai kembali memberikan bantuan kepada penghuni panti jompo Desa Sinjhih, kotapraja Wanluan, wialayah Pingtung, dan menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru. Para hari itu, kepala desa bergabung dengan para inisiat untuk mendistribusikan selimut untuk para lansia di wilayahnya. Para lansia menerima selimut dengan sangat gembira dan kepuasan tercermin di wajah mereka.

Datangnya Tahun Emas 2 menandai awal dari sebuah bab baru dalam sejarah manusia. Semoga, di tahun mendatang umat manusia akan terus menerima berkah Tuhan dan hidup dalam kepenuhan secara fisik, pikiran dan jiwa.

Taipei Hsinchu Tainan



Formosa